Fakta Tentang Tanaman Welwitschia

WelwitschiaFakta Welwitschia
Welwitschia milik kelompok tanaman gymnosperm. Karena karakteristik yang unik, ahli botani diklasifikasikan ke dalam keluarga Welwitschia khusus (disebut Welwitschiaceae) yang tidak mengandung spesies lain. Welwitschia dapat ditemukan hanya di Gurun Namib di Namibia dan Angola. Tanaman yang tidak biasa ini kadang-kadang disebut “fosil hidup” karena ada di planet selama jutaan tahun. Welwitschia rentan terhadap penyakit jamur dan sering ditargetkan oleh hewan gurun. Untungnya, tanaman ini masih berlimpah di alam liar dan tidak dalam daftar spesies yang terancam punah.

Fakta Menarik Welwitschia:
 Welwitschia terdiri dari batang, daun dan akar dua. Tanaman ini biasanya tumbuh 20 inci tinggi dan 6,6 meter panjangnya. Tanaman yang lebih besar sering terlihat di daerah di mana curah hujan jarang terjadi.

 Terbesar spesimen tercatat berhasil mencapai 6 meter tingginya dan 28 meter panjangnya.

 Welwitschia memiliki pendek tapi sangat kuat, batang kayu tanpa cabang. Stem berlubang dan memiliki bentuk kerucut terbalik.

 Welwitschia mengembangkan dua daun yang tumbuh terus-menerus sepanjang seluruh kehidupan tanaman. Daun luas, kasar dan berbentuk seperti ikat pinggang.

 Daun robek dan terlihat seperti sekelompok pita usang setelah puluhan tahun terpapar kondisi cuaca yang keras, angin kencang dan abrasi konstan tanah berpasir.

 Welwitschia memiliki akar tunggang yang panjang yang mampu mencapai air yang tersembunyi dalam tanah. Karena kurangnya hujan dan air tersedia, tanaman menyerap sebagian air dari kabut dan embun.

 Welwitschia adalah tanaman dioecious yang berarti bahwa setiap tanaman mengembangkan organ reproduksi baik pria atau wanita. Pabrik laki-laki memproduksi lebih kecil salmon berwarna kerucut. Tanaman betina menghasilkan kerucut hijau kebiruan yang lebih besar.

 Pembungaan terjadi dari musim panas ke musim gugur. Kedua tanaman jantan dan betina menghasilkan jumlah besar nektar yang menarik tawon, bug pohon dan lalat dan memastikan penyerbukan.

 Kerucut perempuan mencapai kematangan 9 bulan setelah pembuahan. Degradasi kerucut perempuan menghasilkan pelepasan benih. Benih memiliki sayap yang memfasilitasi penyebaran angin.

 Benih dapat bertahan hidup (mampu berkecambah) selama jangka waktu. Hujan lebat yang diperlukan untuk sukses perkecambahan. Hanya sedikit benih akan berkecambah, sisanya akan hilang karena penyakit jamur dan karena mereka adalah bagian dari diet hewan gurun.

 Antelop dan badak makan daun dan bagian lunak dari batang untuk mendapatkan air.

 Tanaman yang rusak biasanya berhasil memulihkan diri.

 Welwitschia juga dikenal sebagai “bawang padang pasir” karena masyarakat adat makan inti tanaman. Welwitschia dapat menggunakan baik mentah atau sebagai bagian dari memasak makanan.

 Welwitschia adalah tanaman yang sangat tua. Ini berasal dari periode Jurassic ketika gymnosperma adalah tanaman yang paling dominan di Bumi.

 Meskipun terlihat seperti tugas berat, Welwitschia dapat dengan mudah dibudidayakan sebagai houseplant.

 Welwitschia biasanya hidup 300-500 tahun di alam liar. Beberapa tanaman dapat bertahan hidup lebih dari 2000 tahun.

Fakta Tentang Tanaman Welwitschia

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s