Fakta Tentang Bunga Krisan

bunga krisanFakta Bunga Krisan
Bunga Krisan merupakan tanaman berbunga yang dimiliki oleh Asteracea keluarga. Ada 40 spesies liar krisan dan ribuan varietas dibuat melalui pembiakan selektif. Krisan, juga dikenal sebagai “ibu”, berasal dari Cina. Itu dibawa ke Eropa pada abad ke-18 dan ke Amerika Serikat satu abad kemudian. Pada saat itu, orang-orang mulai membudidayakan krisan secara besar-besaran. Istilah “Krisan” diciptakan dari kata Yunani “Chrysos” yang berarti emas, dan “anthos” yang berarti bunga. Tanaman ini banyak digunakan dalam keperluan pajangan, tetapi juga memiliki banyak sifat medis.

Fakta Menarik Bunga Krisan:
 Ukuran krisan tergantung pada spesies dan variasi. Stem bisa mencapai 2 sampai 6 inci tinggi. Bunga dapat memiliki 0,4-10 inci diameter.

 Warna tradisional krisan berwarna merah, kuning, putih dan ungu. Selain itu, krisan dapat pink, lavender atau warna-warni.

 Krisan dapat memiliki satu bunga atau 3-7 bunga per batang. Varietas dengan lebih dari satu bunga disebut krisan semprot.

 Bunga krisan adalah perbungaan majemuk. Ini terdiri dari banyak bunga individu yang disebut floret. Kuntum di tengah bunga disebut kuntum disk. Mereka yang mengelilingi pusat yang dikenal sebagai kuntum ray.

 Kuntum disk yang disebut bunga sempurna karena mereka dimiliki benang sari dan putik (laki-laki dan organ reproduksi wanita). Ray kuntum disebut bunga tidak sempurna karena mereka dimiliki organ reproduksi hanya wanita (putik).

 Krisan dapat dibagi dalam 13 kategori terpisah berdasarkan jenis bunga. Setiap bentuk memiliki susunan tertentu sinar dan kuntum disk. Beberapa yang paling dikenal adalah daisy, laba-laba, bantal dan tombol.

 Daun krisan dibagi dalam selebaran. Mereka bisa halus atau bergerigi di tepi. Daun diatur secara bergantian pada batang.

 Buah krisan disebut achene bergaris.

 Krisan melambangkan kebahagiaan, sukacita, cinta atau kesedihan, tergantung pada warna dan budaya manusia. Di negara-negara Eropa tertentu, krisan merupakan simbol kematian dan itu adalah bagian tak terelakkan dari karangan bunga pemakaman.

 Bunga krisan yang digunakan dalam penyusunan teh yang memiliki aroma yang indah dan beberapa manfaat kesehatan. Hal ini digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan, demam, sakit kepala, mata kering dan gatal dan untuk memperlancar pencernaan makanan berminyak.

 Daun direbus dan batang krisan yang digunakan dalam masakan Cina.

 Menurut studi yang dilakukan oleh NASA, krisan membantu mengurangi polusi udara.

 Zat yang disebut pyrethrins, terisolasi dari Chrysanthemum cinerariaefolium, bertindak sebagai insektisida alami. Mereka mempengaruhi sistem saraf serangga dan bahkan mencegah nyamuk betina menggigit.

 Sebagian besar spesies bunga krisan dari bulan Agustus sampai November.

 Bunga bisa bertahan 2 minggu di vas, tapi daun mati lebih cepat. Karena itu, daun sering dihapus dari batang (setelah memotong tanaman) untuk memastikan umur panjang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s