Fakta Tentang Buah Kiwi

kiwiFakta Buah Kiwi
Buah Kiwi adalah tanaman berbunga yang milik keluarga Actinidiaceae. Ada sekitar 60 spesies yang berbeda dari buah kiwi dan ratusan varietas yang biasanya dibudidayakan di daerah beriklim seluruh dunia. Buah Kiwi berasal dari China. Buah Kiwi digunakan dalam diet manusia selama ratusan tahun. Buah ini awalnya dikenal sebagai “Gooseberry Cina”. Selandia Baru berganti nama menjadi “buah Kiwi” karena kesamaan dalam penampilan dengan kiwi burung (telah bulat tubuh ditutupi dengan bulu coklat kabur). Buah Kiwi sangat populer dan sering dikonsumsi buah karena rasanya yang menyenangkan. Hal ini juga bermanfaat bagi kesehatan karena kandungan tinggi vitamin dan mineral berharga.

kiwi1Menarik Buah Kiwi Fakta:
 Buah Kiwi tumbuh sebagai pokok anggur. Hal ini dapat mencapai ukuran 33 meter panjangnya. Varietas peliharaan buah Kiwi memerlukan pemangkasan musiman.

 Buah Kiwi memiliki daun berbentuk hati berwarna hijau tua yang spiral diatur pada batang.

 Setiap tanaman buah Kiwi berkembang baik organ reproduksi laki-laki atau perempuan (tanaman dioecious). Dua jenis tanaman perlu tumbuh dekat satu sama lain untuk memastikan keberhasilan penyerbukan dan produksi buah.

 Lebah adalah penyerbuk utama buah Kiwi. Petani kadang menyerbuki buah kiwi sendiri dengan menyebarkan sejumlah besar serbuk sari terhadap tanaman betina.

 Botanikal, buah Kiwi milik kelompok buah. Buah Kiwi memiliki kulit coklat kabur, daging hijau terang dan lingkaran biji gelap di tengah buah.

 Ukuran, warna kulit, warna daging, rasa dan tekstur buah Kiwi tergantung pada spesies.

 Varietas berbulu buah kiwi juga tersedia secara komersial.

 Lebih dari satu juta ton buah kiwi yang diproduksi setiap tahun. Sebagian besar buah Kiwi diproduksi di Italia, Selandia Baru dan Chile.

 Buah Kiwi mengandung dua kali lebih banyak vitamin C dari jeruk. Hal ini juga sumber yang kaya vitamin E dan K. Dibandingkan dengan buah-buahan lainnya kiwi menawarkan jumlah terbesar vitamin dan serat per gram buah. Buah kiwi berukuran sedang hanya mengandung 46 kalori.

 Buah Kiwi biasanya dikonsumsi mentah atau dalam bentuk jus. Hal ini dapat juga digunakan sebagai bagian dari kue, es krim dan makanan penutup lainnya. Suhu tinggi (saat memasak) mengubah rasa dan warna buah Kiwi.

 Buah Kiwi mengandung protein actinidain yang melembutkan daging. Protein yang sama mencerna protein dalam susu dan gelatin dan mencegah pemadatan makanan penutup (menginduksi “mencair” kue).

 Buah Kiwi sering dikonsumsi oleh hewan seperti monyet dan rusa.

 Buah Kiwi memfasilitasi pencernaan makanan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 Tingkat tinggi vitamin C dalam buah dapat mencegah perkembangan flu.

 Buah Kiwi dapat memicu reaksi alergi pada orang yang sensitif. Gejala alergi dapat cukup parah untuk memerlukan intervensi medis.

 Buah Kiwi rentan terhadap penyakit bakteri yang disebabkan oleh Pseudomonas syringae actinidiae.

 Buah Kiwi dapat menghasilkan buah-buahan sampai 30 tahun dan bertahan lebih dari 50 tahun.

Iklan

One thought on “Fakta Tentang Buah Kiwi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s