Fakta-Fakta Dari Bakteri

bakteriFakta Bakteri
Kecil, makhluk bersel satu, bakteri telah ada selama jutaan tahun, bahkan lebih lama dari manusia. Mereka mendapatkan nutrisi langsung dari lingkungan mereka untuk hidup. Beberapa bakteri manusia perlu untuk mendapatkan nutrisi ke dalam tubuh; ini biasanya hidup di usus. Bakteri lain mereproduksi dalam tubuh dan menyebabkan infeksi yang berbeda – sakit tenggorokan, infeksi telinga, gigi berlubang, dan pneumonia, antara lain. Bakteri lain yang digunakan di laboratorium untuk membuat hal-hal seperti obat-obatan dan vaksin. Baca terus untuk lebih menyenangkan dan fakta menarik tentang bakteri!

Bakteri yang menarik Fakta:
Bakteri yang hidup! Mereka adalah bentuk paling sederhana dari kehidupan yang dikenal, yang terdiri dari hanya satu sel. Mereka terjadi di mana-mana – roti, yoghurt, kotoran, dan dalam manusia!

Bakteri terjadi dalam segala bentuk dan ukuran yang berbeda – berbentuk bola disebut bola, batang berbentuk, dan berbentuk spiral.

Beberapa bakteri hidup di dalam hewan seperti sapi. Bakteri ini memungkinkan sapi (dan hewan lain yang makan rumput) untuk mencerna bahan rumput terbuat dari, yang disebut selulosa. Manusia tidak memiliki bakteri yang tepat, sehingga kita tidak bisa makan rumput!

Bakteri yang masuk tubuh manusia yang tidak termasuk di sana menyerang sel-sel manusia, mencuri nutrisi dan melepaskan racun. Bakteri ini bisa membuat orang sakit, dapat menyebabkan infeksi kulit, dan umumnya sangat buruk bagi orang-orang.

Ada obat yang dapat membunuh bakteri, yang disebut antibiotik. Kebanyakan penyakit (sakit tenggorokan, pilek, sakit perut) yang disebabkan oleh virus, yang antibiotik tidak akan melakukan apa-apa terhadap. Jika dokter memutuskan penyakit yang disebabkan oleh bakteri, antibiotik dapat membuat penyakit lebih pendek, dan tidak seburuk.

Cara terbaik mutlak untuk melindungi terhadap sakit dengan bakteri adalah mencuci tangan, terutama setelah menggunakan toilet.

Bakteri bahkan bisa hidup dalam makanan. Benar memasak makanan adalah cara yang bagus untuk membunuh bakteri yang dapat hidup di dalamnya. Makan makanan yang tidak dimasak cukup baik dapat membuat orang benar-benar sakit.

Bagaimana dokter bisa mengetahui bakteri apa yang menginfeksi seseorang? Mereka mengambil sampel yang berbeda dari darah, urin, dan cairan lainnya, membuat apa pun yang ada di dalamnya tumbuh, dan melihatnya di bawah mikroskop. Mereka bahkan dapat menguji antibiotik yang berbeda untuk melihat mana obat dapat membunuh bakteri!

Beberapa bakteri dapat bersembunyi dari sistem kekebalan tubuh, dan lain-lain bahkan dapat bertahan hidup sistem kekebalan tubuh mencoba untuk menghancurkan mereka. Jenis bakteri hanya dapat dibunuh oleh obat-obatan, dan kadang-kadang bahkan operasi.

Bakteri juga dapat menyebabkan infeksi pada kulit. Kadang-kadang, jika infeksi dekat dengan permukaan, dokter dapat memberikan antibiotik dalam salep yang berlangsung pada kulit. Infeksi kulit lainnya cukup serius bahwa antibiotik yang ditelan harus diambil.

Cara yang baik untuk mencegah penyebaran bakteri kepada orang lain adalah untuk menutupi mulut dan hidung saat batuk dan bersin. Menggunakan tisu juga merupakan ide yang baik, tetapi harus dibuang setelah digunakan. Pastikan untuk mencuci tangan setelah batuk atau bersin juga.

Suplemen seperti seng dan vitamin C mendukung sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu melawan infeksi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s