Khasiat Buah Semangka Untuk Mencegah Darah Tinggi

jus semangka

Beberapa jenis buah telah lama dipercaya untuk menangkal hampir semua jenis penyakit kronis yang mematikan seperti serangan jantung, stroke, dan diabetes, semangka adalah salah satunya.Baru-baru ini, para peneliti telah menemukan bukti tambahan dari semangka, mereka mengklaim bahwa semangka dapat menurunkan tekanan darah tinggi secara signifikan.

Bahkan, manfaat semangka juga dapat mencegah tekanan darah tinggi pada orang gemuk dalam cuaca dingin, yang dikenal banyak orang meninggal karena serangan jantung dalam kondisi dingin. Hal ini karena tubuh akan meningkatkan aliran darah untuk mendapatkan suhu hangat, sehingga membuat jantung bekerja lebih keras. Saat itulah risiko serangan jantung dan stroke datang.

Studi ini telah diterbitkan dalam American Journal of Hypertension menunjukkan bahwa makan semangka baik untuk kesehatan jantung dan dapat mengurangi risiko gangguan jantung dalam kondisi cuaca dingin. Studi yang dilakukan oleh peneliti dari Florida State University menganalisis 13 pria obesitas dan wanita yang menderita tekanan darah tinggi selama 12 minggu.

Maka beberapa peserta diberikan semangka berbentuk ekstrak buah suplemen, 4 gram asam amino L-citrulline dan L-Arginine 2 gram setiap hari.

Beberapa peserta lainnya diberi plasebo (obat yang tidak aktif atau perlakuan dalam ujian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak semangka dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi stres jantung, bahkan dalam kondisi cuaca dingin. “Semangka dapat mengurangi tekanan darah yang berlebihan, sehingga jantung akan bekerja dengan mudah pada situasi stres jantung ketika tubuh terkena dingin,” kata Profesor Arturo Figueroa dari Florida State University. L – Citrulline dan L – Arginine adalah suplemen makanan yang terkandung di dalam semangka.

Sementara itu, di tempat lain, para peneliti dari University of Sao Paulo, Brasil, berhasil menemukan aqua aerobik (olahraga dilakukan di dalam air) dalam air hangat dapat menurunkan tekanan darah tinggi juga lebih rendah. Jelas mengapa air hangat dapat memiliki efek itu, tapi teori umum menyatakan bahwa panas dapat melebarkan pembuluh darah, sehingga aliran darah akan stabil.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s